Wednesday 30 April 2014

PKPU Layani 6000 Pengungsi Afrika Tengah di Kamerun

0 comments
Kamerun - Tim kemanusiaan PKPU yang tengah berada di Kamerun terus membantu proses pembangunan dan pemberian bantuan makanan kepada 6.000 pengungsi Afrika Tengah di Kamerun

Tim PKPU menembus perbatasan Kamerun dan Republik Afrika tengah ditemukan beberapa titik sebagai konsentrasi pengungsian. Di saat yang sama arus masuk pengungsi melewati perbatasan terus mengalir.

“Melihat fenomena ini maka koordinasi pertama yang dilakukan dengan berbagai pihak adalah pemerintah setempat di samping organisasi lokal,” kata Direktur Pendayagunaan PKPU Rully Barlian dari Kamerun, Senin (28/3/2014).

Rully mengatakan, Kepala Administrasi Kota Kentjou setingkat Bupati dalam diskusi dengan Direktur PKPU Rully Barlian menyarankan ada dua titik prioritas awal dalam penyaluran bantuan tahap awal.

Pertama pengungsi wilayah barat luar kota sebanyak 8000 orang. Pengungsi yang ada di lokasi ini disebut Kamp Lolo sudah berada di bawah pengawasan pemerintah kota dan UNHCR sebagai badan PBB urusan pengungsi. Sehingga penghuni kamp ini relatif lebih baik.
Sementara yang kedua adalah pengungsi yang tersebar dalam Kota sebanyak 6000 org dari 750 keluarga.

Sampai saat ini disamping belum ada bantuan badan maupun organisasi kemanusiaan, pihak pemerintah memiliki keterbatasan untuk mengelolanya. Pengungsi disini belum memiliki shelter atau barak penampungan atau tenda keluarga.

Pengungsi dalam Kota Kentjou ini merupakan pengungsi yang berasal dari berbagai negara. Mereka telah lama menetap dan lahir di Afrika Tengah bahkan berasal dari keturunan generasi jauh sebelum mereka lahir.

Mereka berasal dari Nigeria, Chad, Senegal, Mali dan Afrika Tengah yang telah lama berbaur dengan warga lokal di Afrika Tengah. Sisanya  sekitar 5000 orang tersebar di beberapa titik atau kelompok-kelompok kecil.

Dengan kondisi ini tim PKPU memutuskan menyalurkan bantuan awal di lokasi pengungsian dalam Kota Kentjou.  Bantuan tahap awal yang disalurkan sebagian besar adalah makanan seperti beras, gula, garam, minyak goreng, susu dan makanan bayi serta ibu hamil. (din/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)


Leave a Reply

Label

 
Wong Leces © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

Man Jadda Wajada. Siapa yang Bersungguh-sungguh Akan Berhasil