Saturday, 26 January 2013

Tempat Wisata di Probolinggo

6 comments
Pada postingan kali ini aku coba membuat daftar tempat wisata yang ada di sekitar Probolinggo baik itu di kota maupun di kabupaten, ini dia hasilnya:

1. Gunung Bromo, Sukapura
    Gunung Bromo merupakan ikon tempat wisata Jawa Timur. Dari Kota Probolinggo ke arah selatan Keindahan pemandangan kawah gunung bromo yang dikelilingi lautan pasir dan tentunya dikelilingi pegunungan tengger ini membuat turis domestik maupun mancanegara berdecak kagum. Dengan melihat dari sisi Cemorolawang, Probolinggo akan terlihat juga di belakangnya gunung Semeru yang menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa. Sebelum naik di tangga ke kawah Bromo terdapat pura yang menambah eksotisme gunung Bromo.

2. Air Terjun Madakaripura, Lumbang
    Air terjun ini terletak di kecamatan Lumbang sekitar 15 km sebelah utara dari gunung Bromo. Lokasinya terpencil dari jalan raya tongas-sukapura. Dari pertigaan di pasar Lumbang belok ke arah barat dan menyusuri jalan tersebut sampai di parkiran air terjun. Dari tempat parkir ini kita hanya bisa berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 1 km. Di beberapa tempat sepanjang sungai akan dijumpai penjual makanan dan minuman bagi pengunjung. Di ujung sungai itulah akan terlihat air terjun ini. Jika ingin kesini diusahakan jangan terlalu sore, maksimal jam 3 atau jam 4 soalnya kita menyusuri sungai yang di kiri dan kanannya merupakan tebing yang tinggi sehingga cahaya matahari tidak masuk seluruhnya. Satu lagi, ada jasa pemandu yang bisa mengantarkan kita ke air terjun, pastikan anda sudah nego harga dulu sebelum berangkat.


3. Rafting Sungai Pekalen, Tiris
    Wisata arung jeram ini menyusuri sungai Pekalen yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Probolinggo. Ada 3 jalur yang ditawarkan yaitu jalur Pekalen Atas, Pekalen Tengah, dan Pekalen Bawah. Juga ada 3 operator rafting yang beroperasi yaitu NOARS, SONGA, dan REGULO. Tingkat kesulitannya juga bermacam-macam dari yang mudah sampai yang menantang. Pengunjung berkumpul terlebih dulu di basecamp sebelum berangkat ke tempat rafting. Di sini kita memilih pelampung dan helm yang sesuai dengan ukuran kita. Setelah semua siap, kita berangkat menggunakan pick up menuju hulu sungai tempat kita memulai rafting. Tetapi kendaraan tidak bisa masuk sampai di dekat sungai jadi kita turun dari kendaraan terus jalan kaki sekitar 200 m turun ke sungai. Selesai rafting kita juga jalan ke tempat kendaraan kemudian menuju ke basecamp tadi. Di basecamp sudah disediakan lalapan yang menggugah selera.



4. Candi Jabung, Paiton
    Candi ini berada di desa Jabung, kecamatan Paiton yaitu kecamatan paling ujung di sebelah timur kabupaten Probolinggo dan letaknya tidak jauh dari jalan raya Surabaya-Banyuwangi. Candi Jabung termasuk candi peninggalan kerajaan Majapahit.


5. Taman Wisata Studi Lingkungan, Kota Probolinggo
    Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) merupakan sebuah kebun binatang mini yang dikelola oleh Pemkot Probolinggo. Tempat ini berada di Jalan Basuki Rahmat, Probolinggo.


6. Taman Hidup Cikasur, Krucil
    Taman Hidup Cikasur ini berada di kecamatan Krucil sekitar gunung Argopuro di sebelah timur kabupaten Probolingo. Taman Hidup Cikasur merupakan sebuah dataran padang rumput yang luas. Di tempat ini terdapat bekas landasan pesawat terbang Belanda yang menggunakan tempat ini sebagai tempat peristirahatan karena pemandangan yang bagus dengan suhu yang sejuk.


7. Pemandian Ronggojalu, Tegalsiwalan
    Pemandian ini terletak di kecamatanTegalsiwalan dan merupakan sumber mata air untuk air minum penduduk di kota Probolinggo dan sekitarnya. Jadi dibagi dua, yang sebelah utara khusus untuk wisata dan yang sebelah selatan khusus untuk pengolahan air minum. Tempatnya lebih mudah dijangkau melalui jalan raya Probolinggo-Lumajang di kecamatan Leces kemudian belok ke jalan Ronggojalu kemudian belok kiri di pertigaan.


8. Pantai Bentar, Gending
    Pantai Bentar terletak di kecamatan Gending dan tepat di pinggir jalan raya Surabaya-Banyuwangi. Dari batas kota Probolinggo sekitar 10 km ke arah timur. Tidak ada pantai pasir di sini namun pemandangan dari pantai ini sangat indah. Di sebelah barat akan terlihat pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo dan sebelah utara akan terlihat pulau Gili Ketapang.


9. Ranu Segaran, Tiris
    Seperti halnya di kabupaten Lumajang, di kabupaten Probolinggo juga terdapat ranu yaitu ranu Segaran di kecamatan Tiris. Ranu ini juga berada di kaki gunung Lamongan yang memang menghasilkan banyak ranu di Lumajang.

10. Pelabuhan Tanjung Tembaga, Kota Probolinggo
     Pelabuhan Tanjung Tembaga merupakan salah satu tempat yang bagus untuk wisata entah itu hanya untuk memandang laut lepas ataupun memancing di dekat mercusuar.















11. Pulau Gili Ketapang, Sumberasih
    Pulau Gili Ketapang masuk dalam administrasi kecamatan Sumberasih walaupun letaknya lebih dekat ke kecamatan Dringu dan Gending. Konon, pulau ini terus bergerak dari arah barat menuju ke timur. Banyak sekali orang-orang tua yang mengatakan dulunya pulau ini tepat persis di sebelah utara kota Probolinggo namun sekarang letaknya sudah berada di timur laut kota Probolinggo. Di pulau ini terdapat gua kucing yang merupakan tempat persinggahan Syekh Maulana Ishaq.

































image:google.com

6 Responses so far.

  1. Wow....Info yg sangat brmanfaat...!!!Tengkiyu bro... Main-main jg bro ke blog saya...saya juga wong Probolinggo..Sumber Taman Bro... www.forty-sixenglish.blogspot.com

  2. blognya bagus, sudah saya bookmark soalnya ga bisa komentar disitu...saya sering lewat sumber taman kalo ke kota, dari jorongan lurus terus...hehehe
    Salam Hangat

  3. Gak Ikut Lomba Ngeblog Bro????Kayaknya blog situ cocok ikut lomba itu..!!!!

  4. pingin sih bro tapi sekarang ini biar begini dulu saja, buat hobi aja saat senggang soalnya lagi banyak kerjaan bro. blognya bagus bro buat belajar bahasa inggris, semangat terus bro mengajarkan bahasa inggris di probolinggo

  5. Makasih gambarnya mas, berguna banget buat peer anak saya di TK Mater Dei. Saya di Mayangan, bila berkenan monggo icip2 Gudeg Probolinggo buatan ibu mertua saya tiap minggu pagi di alun2

  6. Iya mbak sama-sama, semoga peernya dapet nilai yg bagus.. hehehe
    Sip, nanti tak sempatkan icip2 gudegnya kalo ke Probolinggo.
    Salam kenal

Leave a Reply

Label

 
Wong Leces © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

Man Jadda Wajada. Siapa yang Bersungguh-sungguh Akan Berhasil