Thursday 31 July 2014

Penganut Buddha Myanmar mengancam kematian Muslim di kerusuhan Mandalay

0 comments

Mandalay - Polisi Myanmar mengepung lingkungan Muslim Mandalay disebabkan ratusan umat Buddha memegang pisau, pedang dan bambu berkeliaran kota pada hari Jumat, menyusul kerusuhan komunal yang menewaskan dua orang awal pekan ini.

Kekerasan antar agama telah berkobar di seluruh negeri selama dua tahun terakhir, mengancam untuk melemahkan reformasi politik yang diprakarsai oleh pemerintah kuasi sipil Presiden Thein Sein, yang mulai menjabat pada tahun 2011 setelah 49 tahun kekuasaan militer yang represif.

Setidaknya 240 orang tewas dan lebih dari 140.000 jiwa mengungsi sejak Juni 2012. Sebagian besar korban telah menjadi anggota minoritas Muslim Myanmar, diperkirakan sekitar 5 persen dari populasi.

Sekitar 300 umat Buddha naik sepeda motor di sekitar kota terbesar kedua Myanmar, Mandalay, Jumat, berteriak ancaman kematian.

"Kami akan membunuh semua umat Islam," teriak beberapa orang saat mereka melalui jalan-jalan setelah menghadiri pemakaman seorang pria Buddha yang ditikam sampai mati pada Rabu malam.

Seorang pria Muslim juga tewas, dipukuli sampai mati Kamis pagi dalam perjalanan ke doa pagi.

Polisi mendirikan pagar penghalang dilapisi dengan kawat berduri untuk memblokir jalan ke lingkungan mayoritas Muslim dan mencegah umat Buddha pemakai sepeda motor masuk. Petugas mencegah kerusuhan dengan berpatroli di jalan-jalan, dan satu berbicara melalui megafon, memberitahu orang-orang untuk masuk ke dalam.

Sementara polisi menjaga lingkungan, mereka tidak melucuti umat Buddha yang telah berkeliling sekitar kota sejak tengah hari, berteriak ancaman dan menyanyikan lagu kebangsaan. Seorang pria terlihat mendistribusikan tiang bambu dari sebuah mobil yang diparkir di dekat istana kerajaan, sebuah atraksi wisata yang populer di kota sekitar satu juta orang.

Banyak Muslim melarikan diri dari lingkungan setelah kekerasan pecah hari Selasa, menuju hotel atau kota terdekat.

Polisi mengatakan 19 orang terluka dalam kerusuhan pada Selasa dan Rabu malam. Pada 21:00-05:00 jam malam didukung oleh kehadiran polisi mencegah masalah lebih lanjut pada Kamis malam dan jam malam yang sama akan berlaku pada hari Jumat.

Kekerasan dimulai pada Selasa ketika sekelompok sekitar 300 umat Buddha berkumpul di sebuah toko teh yang dimiliki oleh seorang pria Muslim yang dituduh memperkosa seorang wanita Buddhis.

Seorang petugas polisi di ibukota, Naypyitaw, mengatakan kepada Reuters pada hari Kamis bahwa tuduhan pemerkosaan telah diajukan terhadap pemilik toko teh dan saudaranya.

Seorang imam di masjid terbesar Mandalay mengatakan kepada Reuters bahwa lima Muslim telah ditangkap pada hari Jumat setelah polisi menggeledah rumah di dekatnya dan menemukan pisau seremonial. "Polisi pasti tahu ini digunakan untuk keperluan upacara," kata Ossaman, imam. "Mereka tidak melanggar hukum apapun."

Seorang polisi mengkonfirmasi penangkapan namun menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut dan meminta agar namanya dirahasiakan karena ia tidak berwenang berbicara kepada media.

Kekerasan anti-Muslim bukanlah hal baru di Myanmar. Mantan junta memberlakukan jam malam di Mandalay setelah kerusuhan di kota pada tahun 1997 menyusul laporan bahwa seorang pria Muslim memperkosa seorang gadis Buddhis.

Namun wabah kekerasan telah menjadi lebih umum di bawah pemerintahan reformis, yang mencabut pembatasan kebebasan berbicara, termasuk akses ke Internet, yang sebelumnya telah dikontrol ketat oleh militer.


Leave a Reply

Label

 
Wong Leces © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

Man Jadda Wajada. Siapa yang Bersungguh-sungguh Akan Berhasil