Sunday 13 March 2011

Penyebab Gempa Dahsyat di Jepang

0 comments
Tokyo - Gempa 9 skala richter yang menggoyang timur laut Jepang pada Jumat dipicu oleh benturan lempeng tektonik. Gempa itu juga membuat adanya peregangan sepanjang ratusan kilometer di dasar laut.

Pakar gempa dari Universitas Tokyo, Satoko Oki, mengatakan, gempa besar ini hampir seribu kali lipat lebih kuat daripada gempa bumi 1995 Hanshin Besar yang menewaskan lebih dari 6.000 orang.

"Gempa disebabkan bertumbuknya lempeng tektonik Pasifik dan Amerika Utara. Lempeng Pasifik  terdorong masuk ke Palung Jepang, menyebabkan tsunami setinggi 10 meter di pantai timur," katanya.

Para ahli memperkirakan dampak dari gempa di dunia terbesar kelima ini akan mengubah lempengan sejauh 20 meter. Menurut US Geological Survey, pusat gempa ada di 373 km timur laut Tokyo dan 130 km timur Sendai.

Oki memperingatkan gempa dahsyat seperti ini sangat jarang terjadi. "Ini terjadi hanya sekali dalam 1.000 tahun," kata dia. Yuji Yagi, profesor di Tsukuba University, mengatakan gempa bumi skala ini dapat memicu gempa bumi lain.

Leave a Reply

Label

 
Wong Leces © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

Man Jadda Wajada. Siapa yang Bersungguh-sungguh Akan Berhasil